(Lengkap) Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Gratis!

Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar menjadi modal awal dalam melamar pekerjaan. Dalam artikel ini kami berniat untuk memberikan beberapa Contoh surat Lamaran Kerja Umum yang dapat membantu anda untuk masuk ke tahap berikutnya, yaitu Wawancara.

Sebelum itu anda juga perlu mengetahu bagaimana cara agar bisa memikat Staf HRD perusahaan agar lolos ke tahap berikutnya. Lalu bagaimana pihak HRD melirik anda lebih jauh?, pastinya anda harus memikat mereka dengan CV dan Surat Lamaran Kerja yang anda ajukan, nah maka dari itu, membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sangatlah penting.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja 

Setiap surat memiliki Format dan Struktur masing-masing, begitu juga dengan surat lamaran kerja. Jadi seperti apa struktur dari sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar? Unsur-unsur berikut pada umumnya selalu ada dalam contoh surat lamaran kerja umum:

  1. Tempat serta tanggal penulisan surat lamaran
  2. Nama perusahaan yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Informasi sekilas namun penting mengenai data diri
  5. Latar belakang (pendidikan, pengalaman kerja dan keahlian)
  6. Kontribusi apa saja yang bisa kamu berikan kepada perusahaan
  7. Kalimat Penutup

Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar

Jika anda mencari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, tentu semua semua surat tersebut mengunakan bahasa yang baik dan sopan. Pengunaan bahasa yang baik dan benar tentu menjadi nilai tambahan dalam sebuah surat lamaran kerja.

Gunakanlah bahasa yang Fomal serta perhatikanlah tata bahasa dan pengejaan. Jangan sampai terdapat kesalahan eja karena hal tersebut menandakan bahwa anda kurang teliti. dan di bawah ini kami sudah memberikan beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang dapat anda gunakan sebagai bahan Refrensi dalam menulis surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Lampung, 17 Februari 2020

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
Bpk / Ibu Personalia
PT. Jarum Emas
Jl. Kayu Tangan No. 123
Kalimantan


Dengan hormat,

Saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan agar dapat bergabung di perusahaan Bapak / Ibu pimpin. Saya sangat tertarik dengan posisi staf Marketing di perusahaan Jarum Emas ini.

Perkenankan saya mengenalkan diri:

Nama : Marantika Dewi Anjani Pertiwi
Tempat/Tanggal Lahir : Bali, 23 Maret 1986
Pendidikan Terakhir : Srata satu
Alamat : Jl. Basket no 90 AH Green Date Regency
Telepon (HP) : 0876 5467 8903
Status : Menikah

Dalam penulisan surat ini, saya dalam keadaan 100% sehat dan fasih dalam berbahasa bilingual indonesia dan inggris. Saya adalah orang yang mengutamakan kejujuran, memiliki kemampuan Ms Office dengan sangat mahir dan berlatar pendidikan yang tinggi.

Saya melampirkan berkas sebagai bahan pertimbangan  :

1.  Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1 telah dilegalisir
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus
5. Pas photo 4 x6 yang terbaru
6. Foto copy piagam penghargaan

Saya sangat berharap bisa bertemu dengan Bapak / Ibu personalia untuk melakukan interview agar bisa lebih jelas dan rinci menjelaskan keahlian saya.

Demikian surat lamaran yang saya buat ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

( Marantika Dewi Anjani Pertiwi )

Baca Juga : Contoh Surat Jual Beli Tanah

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Lampung, 17 Februari 2020

YTH.

HRD BANK BCA Cabang Malang
Jln. Kawi Kav. V Malang
Dengan hormat,

Seperti halnya dengan informasi yang ada pada lowongan kerja di  BANK BCA.
Berikut data singkat saya:

Nama : Sabilatul masyithoh Sutendi
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Juli 1987
Alamat : Jl. Merpati Putih no. 23B
No. Hand phone : 0812 3467 9017
Status : Lajang
Pendidikan Terakhir : Srata satu

Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi Customer Service. Dan saya melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.
  • Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
  • Foto copy Transkrip Nilai
  • Foto copy ijazah S-1
  • Foto copy KTP
  • Pass foto 4 x 6 terbaru
Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini, saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang di harapkan oleh BANK BCA.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

(Sabilatul masyithoh Sutendi)

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Lampung, 17 Februari 2020

Hal    : Lamaran Pekerjaan


Yth.

HRD PT. Hotel Nusa Bunga
Kupang, NTT

Dengan hormat,


Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini.


Nama : Akira Naura Sakira

Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Agustus 1993
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jl. Suka Karya no. 67 G
Pendidikan Terakhir : SMA
Telepon : 082 333 444 555 111

Bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai staff di Hotel Nusa Bunga, berdasarkan informasi yang saya dapatkan di web resmi hotel Nusa Bunga. Saya ingin melamar posisi Helper.


Berikut ini berkas tambahan untuk pertimbangan :


⦁ Pas foto 4×6 berwarna terbaru (2 lembar)

⦁ Daftar Riwayat Hidup (1 lembar)
⦁ Fotolopi KTP (1 lembar)
⦁ Fotokopi Ijazah (1 lembar)⦁ Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian (1 lembar)

Demikianlah surat ini saya buat dengan sebenarnya. Saya tentu sangat berharap bisa bergabung dalam tim Hotel Nusa Bunga. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih


Hormat Saya,


(Akira Naura Sakira)

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Kepada : (diisi alamat email perusahaan yang dituju)
Subjek : (diisi keterangan surel, seperti Surat lamaran kerja dan posisi yang dilamar)

Perihal : Lamaran Pekerjaan


Kepada. Yth.

Bapak/Ibu personalia PT. Soleram

Jl. Raya kuningan No. 78 Cisarua


Dengan hormat,


Berdasarkan informasi mengenai dibutuhkannya staff administrasi di PT. Soleram dari surat kabar yang beredar tanggal 1 Juni 2018, saya ingin mengajukan diri untuk mengisi posisi pekerjaan sebagai staff administrasi dan bergabung, berkontribusi bersama dalam perusahaan tersebut.


Berikut adalah data singkat saya,


Nama : Samira Theera Zakia


Tempat/ Tanggal lahir : Sulawesi Selatan, 15 Maret 1989


Pendidikan Terakhir : Strata satu


Alamat : Jl. Mentari Merah no. 87 U


Telepon (Hp) : 0823 2345 2342


Sampai saat ini saya sudah cukup berpengalaman di bidang administrasi. Saya cukup handal dalam perhitungan dan analisa.


Sebagai bahan pertimbangan saya melampirkan :

  • Foto copy ijazah S1 dilegalisir sebanyak 1 lembar
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto 3×4 yang terbaru sebanyak 2 lembar
  • Foto Copy SKCK sebanyak 1 lembar
  • Foto copy sertifikat keahlian sebanyak 1 lembar
  • Foto copy Transkrip Nilai
  • Foto Copy Surat Keterangan Sehat sebanyak 1 lembar
Panggilan untuk berkesempatan tes dan wawancara sangat saya harapkan. Agar saya dapat meyakinkan Bapak/Ibu bahwa saya memang memiliki kualifikasi yang tepat di posisi tersebut.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, terima kasih atas perhatiannya.



Hormat Saya,

(Samara Theera Zakia)

Contoh Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan

Lampung, 13 Februari 2020

Perihal : Lamaran pekerjaan

Kepada, Yth.
Pimpinan HRD Matahari Store
Di Tempat

Dengan hormat,


Sesuai dengan adanya informasi lowongan pekerjaan di Matahari Store yang saya temukan di media sosial facebook. Saya tertarik dan ingin melamar posisi sebagai pramuniaga. Saya memiliki kualifikasi seperti persyaratan yang telah tercantum pada iklan lowongan pekerjaan tersebut.


Berikut ini data singkat Saya:


Nama : Aura Nasyila Zahra

Tempat dan Tanggal Lahir : Batu, 27 Desember 1992
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : Strata satu
Alamat : Jl. Labu kuning no 22 HH Batu
No HP : 082 111 234 678

Berikut ini sebagai berkas pelengkap, saya melampirkan.

  • Foto copy KTP sebanyak satu lembar
  • Foto copy KK (Kartu Keluarga) sebanyak satu lembar
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy SKCK sebanyak satu lembar
  • Foto Copy Ijazah Terakhir sebanyak satu lembar
  • Foto Copy Surat Keterangan Sehat
Demikian surat lamaran pekerjaan ini telah saya buat. Saya memiliki motivasi besar agar di terima dan bergabung dengan Matahari Store. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya


(Aura Nasyila Zahra)

Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Lampung, 13 Februari 2020

Perihal : Lamaran pekerjaan


Kepada Yth.


Pimpinan HRD Pabrik Tahu bundar

Di Tempat

Dengan hormat,Sesuai dengan adanya informasi lowongan pekerjaan sebagai staff produksi di Pabrik Tahu Bundar. Saya tertarik dan ingin melamar posisi tersebut.


Berikut data singkat saya:


Nama : Dewa Adi Sentosa

Tempat dan Tanggal Lahir : Sulawesi, 12 Mei 1993
Jenis Kelamin : Laki – laki
Agama : Nasrani
Pendidikan Terakhir : Strata satu
Alamat : Jl. Merah Kuning Hijau No. 65 BNo HP : 085 213 345 786

Berikut ini sebagai berkas pelengkap, saya melampirkan.

  1. Curriculum Vitae ( CV )
  2. FC Ijazah Terakhir yang telah Dilegalisir asli
  3. FC Transkip Nilai yang telah Dilegalisir asli
  4. FC Kartu Keluarga
  5. FC Sertifikat
  6. Surat Pengalaman Pekerjaan
  7. Pas Foto Terbaru ukuran 4X6
Demikian surat lamaran ini dibuat. Saya sangat berharap besar dapat bergabung di Pabrik Tahu Bundar. Atas perhatian dan kesempatannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya

(Dewa Adi Sentosa)

Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD

Lampung, 13 Februari 2020

Kepada Yth.


Kepala bagian Personalia THE BUNDAR


Jl. Bunga Mawar No. 123 Yogyakarta


Dengan Hormat,


Bersama dengan Surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung di Perusahaan Bapak / Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini.


Nama : Antika Dwi Permata

Alamat : Jl. Bunga Matahari no 98
Tempat dan Tanggal Lahir : Madiun, 4 Januari 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : SMA
No Telp : 0812 3467 8790

(Jangan lupa untuk merapikan setiap baris informasi biodata seperti di atas)


Dan sebagai bahan untuk pertimbangan, Saya melampirkan:

  • Pas foto 4 x 6 2 lembar
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
  • Foto Copy Surat Ijin Mengemudi
  • Foto Copy Kartu Keluarga
  • Foto Copy Ijazah Terakhir
Sungguh besar harapan saya agar dapat bekerjasama dengan Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Maka dengan ini Saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatiannya Bapak / Ibu pimpinan berikan, Saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya

(Antika Dwi Permata)

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Lampung, 13 Februari 2020

Mr. Santoso

Head Of Human Resource Division
PT Permai Jaya
Jln. Raya Negeri Katon No. 45 b
Jakarta 15677

Dear Mr. Santoso :


Based on the advertisement in Bisnis Magazines at January 05st, 2015 there a job vacancy in your company as accountant.


I believe in that my 3 years of accounting experience might be as an asset to your Company PT Permai Jaya, in reaching your better company.


I have completed my professional certification on tax after I graduated my bachelor degree 5 years ago. I seek a great opportunity and strongly identification with high mark. My experience in accounting in the previous company like how I fully responsible for the preparation in that company of monthly consolidate statements financials such as for management and public reporting. In addition the Annual Report to Shareholders is one of my skill that I could.


So I hope you will freely see my cv or to contact my email in meiichaa@gmail.com or freely call me at +6282345326754.


Sincerely,



Melisa Ulima

Demikian Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang dapat kami sampaikan pada kesempatan hari ini. pada intinya surat lamaran kerja umum dengan surat lamaran kerja lainnya dalam penulisan dan format harus di buat dengan baik dan benar, serta pengunaan bahasa yang sopan, padat dan jelas.

CV Yang Sering Di Gunakan Calon Pelamar

0 Response to (Lengkap) Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Gratis!

Posting Komentar